Selasa, 05 Juni 2012

IMPLIKASI ETIS DARI TEKNOLOGI INFORMASI

1. Moral Etika dan Hukum Dalam Sistem Informasi
Moral               : Tradisi kepercayaan mengenai perilaku benar atau salah
Etika                : Satu set kepercayaan, standart atau pemikiran yang mengisi suatu  individu, kelompok dan masyarakat.
Hukum            : peraturan perilaku yang dipaksakan oleh otoritas berdaulat, seperti pemerintah pada rakyat atau warga negaranya.
Penggunaan komputer dalam bisnis diarahkan oleh nilai-nilai moral dan etika dari para manajer, spesialis informasi dan pemakai dan juga hukum yang berlaku. Hukum paling mudah diiterprestasikan karena berbentuk tertulis. Dilain pihak etika dan moral tidak didefinisikan secara persis dan tidak disepakati oleh semua anggota masyarakat.
2. Etika dan Jasa Informasi
Etika komputer adalah sebagai analisis mengenai sifat dan dampak sosial tekhnologi komputer, serta formulasi dan justifikasi kebijakan untuk menggunakan tekhnologi tsb secara etis. Manajer yang paling bertanggungjawab terhadap etika komputer adalah CIO (Chief Information Officer). Etika komputer terdiri dari dua aktivitas utama yaitu :
1. CIO harus waspada dan sadar bagaimana komputer mempengaruhi masyarakat.
2. CIO harus berbuat sesuatu dengan menformulasikan kebijakan – kebijakan yang memastikan bahwa teknologi tersebut secara tepat.
Kekuatan yg dimiliki CIO dalam menerapkan etika IT (Information Technology) pada perusahaannya dan jg masyarakat sangat dipengaruhi kesadaran hukum, budaya etika dan kode etik profesional oleh CIO itu sendiri.
Namun ada satu hal yang sangat penting bahwa bukan hanya CIO sendiri yang bertanggungjawab atas etika komputer. Para manajer puncak lain juga bertanggungjawab.
3. Implikasi Etis Teknologi Informasi
Penggunaan teknologi informasi akan berkaitan erat dengan moral, etika dan hukum. Moral merupakan tradisi kepercayaan mengenai prilaku yang benar dan salah dan berlaku secara universal. Sementara itu, etika adalah suatu kepercayaan, standar atau pemikiran yang mengisi suatu individu, kelompok atau masyarakat tertentu.
Etika dalam penggunaan komputer sedang mendapat perhatian yang lebih besar daripada sebelumnya. Masyarakat secara umum memberikan perhatian terutama karena kesadaran bahwa komputer dapat menganggu hak privasi individual. Dalam dunia bisnis salah satu alasan utama perhatian tsb adalah pembajakan perangkat alat lunak yang menggerogoti pendapatan penjual perangkat lunak hingga milyaran dolar setahun.
4. Alasan Pentingnya Etika Komputer
  • Logical Malleability (Kelenturan Logika)
  • Transformation Factor (Faktor Transformasi)
Invisiblity Factor (Fator tidak kasat mata)
Hak Sosial Dan Komputer
  • Hak Atas Komputer
Ø  Hak atas akses komputer
  • Hak atas keahlian komputer
Ø  Hak atas spesialis komputer
Ø  Hak atas pengambilan keputusan komputer
  • Hak atas Property
  • Hak atas Accuracy
  • Hak Atas Informasi
Dikenal dengan istilah PAPA (Privacy, Accuracy, Property, Accessibility)
  • Hak atas Privacy;
  • Hak atas Accessibility;
  • Hak akses informasi yang memang dipublikasikan, seperti berita-berita, hasil penelitian, dll.

dikutip dari : http://lamtiur.wordpress.com/2010/11/25/implikasi-etis-dari-teknologi-informasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar