Definisi SIA :
Suatu komponen
organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan
mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan yang relevan
bagi pihak luar perusahaan dan pihak ekstern.
Perbedaan SIA dan SIM :
· SIA
mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan
informasi keuangan sedang
· SIM
mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan
semua tipe informasi
Tugas pengolahan data yang dilakukan SIA meliputi 4
tugas dasar sbb :
SIA melaksanakan empat tugas dasar
pengolahan data. Keempat tugas itu dijelaskan dibawah ini:
Pengumpulan data
Saat perusahaan menyediakan produk
dan jasa ke lingkungan, tiap tindakan di jelaskan oleh satu catatan data. Jika
tindakan tersebut melibatkan elemen lingkungan, maka disebut transaksi, karena
itu timbulah istilah pengolahan data.
Sistem pengolahan data mengumpulkan
data yang menjelaskan setiap tindakan internal perusahaan dan transaksi
lingkungan preusahaan.
Manipulasi data
Data perlu di manipulasi untuk
mengubahnya menjadi informasi.Operasi manipulasi data meliputi:
·
Pengklasifikasian
Elemen-elemen data tertentu dalam
catatan digunakan sebagai kode. Di bidang komputer, kode ádalah satu atau
beberapa karákter yang di gunakan untuk mengindentifikasi dan mengelompokan
catatan. Misalnya, suatu catatan gaji mencakup kode-kode yang mengidentifikasi
pegawai (no pegawai), departemen pegawai itu (no departemen) dan klasifikasi
gaji pegawai (kelas gaji).
·
Pengurutan
(sorting)
Catatan-catatan disusun sesuai
urutan tertentu berdasarkan kode atau elemen data lain. Misalya, file catatan
gaji disusun sehingga suma catatan untuk pegawai terkumpul menjadi
satu.
·
Penghitungan
Operasi aritmatika dan logika
dilaksanakan pada elemen-elemen data untuk menghasilkan elemen-elemen data
tambahan. Dalam sistem gaji, misalnya upah per jam dikalikan dengan jam kerja
untuk menghasilkan pendapatan kotor.
·
Pengikhtisaran
Terdapat begitu banyak data yang
perla disintesis, atau disarikan, menjadi bentuk total, subtotal, rata-rata,
dst.
Penyimpanan data
Disuatu perusahaan kecil terdapat
ratusan transaksi dan tindakan setiap hari, sedangkan di perusahaan lain
akan lebih banyak lagi.Tiap transaksi dijelaskan oleh beberapa elemen data .
Seluruh data ini harus disimpan di suatu tempat hinggá diperlukan, dan
itulah tujuan penyimpanan data.Data disimpan pada media penyimpanan sekunder,
dan file dapat diintegrasikan secara logis untuk membentuk suatu database.Sebagian
besar dat dalam database adalah data akuntansi.
Penyiapan dokumen
SIA menghasilkan output untuk
perorangan dan organisasi baik di dalam dan di luar perusahaan.
Output tersebut dipicu dalam dua
cara:
Oleh suatu tindakan Output
dihasilkan jika sesuatu terjadi. Contohnya adalah tagihan yang disiapkan setiap
kali pesanan pelanggan diisi.
Oleh jadwal waktu Output dihasilkan
pada suatu saat tertentu. Contohnya adalah cek gaji yang disiapkan setiap hari
jum’at.
Umumnya, output berbentuk dokumen
tercetak. Namun, semakin banyak pemakai menggunakan tampilan layar.
KARAKTERISTIK SISTEM INFORMASI
AKUNTANSI
1. SIA melakasanakan tugas yang
diperlukan
SIA hanya melakukan tugas yang diperlukan oleh pemakai Informasi saja.
SIA hanya melakukan tugas yang diperlukan oleh pemakai Informasi saja.
2. Berpegang pada prosedur yang relatif
standar
SIA bekerja sesuai dengan peraturan-peraturan yang mengikuti standar perusahaan.
SIA bekerja sesuai dengan peraturan-peraturan yang mengikuti standar perusahaan.
3. Menangani data terinci
Data yang ditangani SIA merupakan data yang sudah jelas dan lengkap.
Data yang ditangani SIA merupakan data yang sudah jelas dan lengkap.
4. Berfokus histories
Data yang ditangani lebih difokuskan pada data yang telah dimiliki perusahaan sebelumnya.
Data yang ditangani lebih difokuskan pada data yang telah dimiliki perusahaan sebelumnya.
5. Menyediakan informasi pemecahan masalah
SIA bertugas menyediakan berbagai
macam Informasi dalam pemecahan suatu masalah untuk
lebih memudahkan dalam
penyelesaianya.
1. Melaksanakan tugas yang diperlukan
.Perusahaan tidak memutuskan untuk melaksanakan pengolahan data atau
tidak.Perusahaan diharuskan oleh undang-undang untuk memelihara catatan
kegiatannya.Elemen-elemen dalam lingkungan seperti pemerintah, pemegang saham
dan pemilik, serta masyarakat keuangan menuntut perusahaan agar melakukan
pengolahan data. Tetapi bahkan jika lingkungan tidak memintanya, manajemen
perusahaan pasti menerapkan SIA sebagai cara mencapai dan menjaga pengendalian.
2. Berpegang pada prosedur yang relatif
rendah . Peraturan dan praktek yang diterima
menentukan cara pelaksanaan pengolahan data.Segala jenis organisai mengolah
datanya dengan cara yang pada dasarnya sama.
3. Menagani data yang rinci.
Karena berbgai catatan pengolahan data menjelaskan kegiatan perusahaan secara
rinci, catatan tersebut menyediakn jejak audit(audit trail).Jejak audit adalah
kronologi kegiatan yang dapat di telusuri dari awal hingga akhir, dan dari
akhir ke awal.
4. Terutama berfokus historis.
Data yang dikumpulkan oleh SIA umumnya menjelaskan apa yang terjadi di masa
lampau.Ini terutama terjadi jika pengolahan berkelompok (batch) digunakan
5. Menyediakan informasi pemecahan
masalah minimal. SIA menghasilkan sebagian output
informasi bagi manajer perusahaan.Laporan akuntansi dasar seperti laporan rugi
laba dan neraca merupakan contohnya.
GOLONGAN PEMAKAI SISTEM INFORMASI
AKUNTANSI
Golongan pemakai sistem informasi akuntansi terdiri dari 2 golongan yaitu :
Golongan pemakai sistem informasi akuntansi terdiri dari 2 golongan yaitu :
1.
Pemakai
Informasi Internal
Adalah pemakai Informasi yang
berasal dari dalam perusahaan. Dapat digolongkan menjadi :
a. Manajemen
b. Purchasing management
c. Inventary control management
d. Production management
e. Personal management
f. Finansial management
a. Manajemen
b. Purchasing management
c. Inventary control management
d. Production management
e. Personal management
f. Finansial management
2.
Pemakai
Informasi Eksternal
Adalah pemakai Informasi yang
berasal dari luar perusahaan. Dapat digolongkan menjadi :
a. Pelanggan
Kebutuhan pelanggan mencakup
informasi mengenai produk perusahaan seperti: harga, bentuk barang,
dimana dan bagaimana barang tersebut dapat dibeli, apa jenisnya, pelayanan apa
yang dapat diberikan perusahaan.
b. Pemasok
Apabila perusahaan melakukan
pembelian secara kredit, maka pemasok akan meminta informasi mengenai tingkat
kepercayaan realibility,jumlah kredit yang telah diperoleh dan kemampuan atau
ability untukmembayar kembali.
c. Para pemegang saham
Mereka ingin menilai pelaksanaan
yang telah berlaku dan memperkirakan pelaksanaan yang akan datang.Penyediaan
laporan tahunan atau annual report untuk para pemegang saham disebut sebagai
fungsi pelayanan atau steward ship function dan secara tradisional merupakan
tanggung jawab system informasi akuntansi.
d. Para karyawan
Karyawan berkepentingan
terhadapinformasi umum, seperti tingkat upah rata-rata, tunjangan, laba
perusahaan, tingkat kesempatan kerja, tingkat produktifitas dan lain-lain.
e. Para pemberi pinjaman
Lembaga-lembaga keuangan yang
meminjamkan dana sangat berkepentingan atas faktor-faktor seperti reputasi atau
nama baik dan kemempuan manajemen perusahaan, kemampuan untuk memenuhi
kewajiban keuangan dan prospek untuk keberhasilan pada masa depan
f. Instansi pemerintah
Kantor pelayanan pajak
berkepentingan terhadap informasi mengenai laba perusahaan dan jumlah pajak
yang terutang oleh perusahaan kepada pemerintahan atau negara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar