Rabu, 06 Juni 2012

PERKENALAN KANTOR MAYA

Akhir-akhir ini bisnis jualan barang siap pakai misalnya baju, tas, jam tangan sangat marak diperbincangkan pada jejaring sosial. bisnis melalui internet sangat ramai dijalankan oleh kalangan mahasiswa baik yang dikategorikan pemula maupun sudah profesional. Tingginya biaya sewa lokasi serta kemacetan di kota-kota besar dan tingginya biaya untuk kelangsungan perusahaan membuat para pelaku bisnis beralih menggunakan media internet sebagai motor penggerak utama bagi kelangsungan perputaran usaha mereka.

Dengan peranan internet yang praktis, simple, efektif, efisien dan mobile, berbagai keuntungan dapat diraih dengan lebih maksimal. Perkembangan usaha via nirkabel ini semakin lama semakin tumbuh dan berkembang sehingga menjadi sebuah trend dimana pandangan masyarakat kini mulai dikonstruksikan bahwa untuk memulai usaha tidak diperlukan gedung besar dan mewah, namun cukup seperangkat komputer dan jaringan internet. Dan untuk melaksanakannya tidak harus berada pada satu tempat yang statis. Bisa dimana saja selama jaringan internet masih dapat menjangkau. Banyak yang menggunakan cara seperti ini  dan menyebutnya dengan sebutan virtual office. Trend praktik virtual office terutama di kota-kota besar terus berkembang dan bahkan sudah menjadi gaya hidup, dimana hal ini juga terjadi karena tuntutan pekerjaan yang mengharuskan seseorang untuk bekerja cepat tanpa harus terikat ruang dan waktu.

tidak usah mengambil contoh jauh-jauh, misalnya saja teman saya. Sebut saja namanya Nindya, dia berjualan baju serta krim pemutih melalui smart phone-nya . cara dia bekerja tidak terlalu ribet, hanya menunggu orderan dari downlinenya kemudian dia mengorder barang ke uplinenya. setelah itu melakukan pengiriman barang melalui jasa pengiriman barang TIKI dan juga JNE dan juga melakukan transfer uang melalui rekeningnya. sebenarnya saya sempat ditawari untuk mengikuti bisnis tersebut, ttapi sayangnya saya kurang berminat.

Dari contoh kasus diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa kantor maya adalah tempat bekerja yang tidak berwujud phisik, merupakan  sekumpulan orang bersama sama bekerja,  dimana tidak diperlukan pertemuan fisik, tanpa inventaris kantor, tidak menempati ruangan dan semuanya berada di alam maya.
Kantor maya beranggotakan orang orang yang punya konsistensi, loyalitas dan kredibilitas tinggi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar