Rabu, 02 November 2011

Tiga Rantai Dasar Dalam Lingkaran Motivasi



Rantai pertama dalam lingkaran motivasi  yaitu timbulnya suatu kebutuhan yang dihayati dan dorongan untuk memenuhi kebutuhan. Dalam kegiatan sehari-hari hal tersebut sering saya lakukan karena manusia tidak terlepas dari kebutuhan hidup. Salah satunya kebutuhan yang secara alamiah harus saya lakukan dan saya penuhi adalah kebutuhan untuk makan. Makan merupakan motive bawaan, dimana motive ini dibawa sejak lahir tanpa dipelajari. Atas dasar  kebutuhan ini maka timbullah dorongan untuk memenuhi kebutuhan tersebut agar orang yang bersangkutan tidak merasa kelaparan. Selain kebutuhan untuk makan terdapat kebutuhan untuk meraih cita-cita. Dimana hal ini menjadi motivasi ekstrinsik bagi saya, karena memang saya memiliki cita-cita menjadi seorang guru.
Rantai kedua dalam lingkaran motivasi ialah wujud dorongan atas kebutuhan tersebut yaitu bila kebutuhannya makan maka dorongannya adalah adanya keinginan untuk mencari makan agar tidak merasa lapar. Tetapi untuk kebutuhan meraih cita-cita, wujud usaha saya adalah berusaha untuk belajar dan selalu taat. Usaha-usaha saya untuk belajar ini selalu dipengaruhi oleh teman-teman dekat saya. Memberi suport misalnya, mereka selalu memberikan suport-suport yang dapat memnambahkan semangat untuk saya.
Rantai ketiga sekaligus yang terakhir dalam lingkaran motivasi adalah kepuasan atas usaha yang telah dilakukan untuk memenuhi kebutuhan. Kepuasan yang dicapai untuk kebutuhan makan yaitu rasa kenyang dan lega karena kebutuhan telah terpenuhi. Tetapi untuk kebutuhan meraih cita-cita puas dan tidaknya akan terlihat kelak dan masih dalam jangka waktu yang lama tapi dalam jangka waktu dekat hasilnya dapat diketahui melalui hasil ujian sementara yang telah kita peroleh. Bila hasilnya memuaskankan berarti hal-hal yang telah kita lakukan yaitu belajar tidak sia-sia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar