Selasa, 22 November 2011

STUDY MASYARAKAT INDONESIA


1.       Jelaskan yang dimaksud dengan modernisasi. Samakah dengan westernisasi? Jelaskan pendapat anda!
Pengertian modernisasi :
·         Modernisasi adalah paradigma pemikiran masyarakat tradisional ke modern
·         Menurut Widjojo Nitisastro, modernisasi adalah suatu transformasi total dari kehidupan bersama yang tradisional atau pramodern dalam arti teknologi serta organisasi sosial, ke arah pola-pola ekonomis dan politis.
·         Sedangkan Soerjono Soekanto berpendapat bahwa modernisasi adalah suatu bentuk dari perubahan sosial yang terarah yang didasarkan pada suatu perencanaan yang biasanya dinamakan social planning. (dalam buku Sosiologi: suatu pengantar)
Modernisasi tidak sama dengan wersternisasi (ke bart-baratan) karena westernisasi adalah sebuah arus besar yang mempunyai jangkauan politik,sosial, kultural dan teknologi. Arus ini bertujuan mewarnai kehidupan bangsa-bangsa,terutama kaum muslimin,dengan gaya barat. Dengan cara menggusur kepribadian muslim yang merdeka dan karakteristiknya yang unik. Kemudian kaum muslimin dijadikan tawanan budaya yang meniru secara total peradaban barat. Dari pengertian westernisasi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa memang modernisasi dengan westernisasi itu berbeda. Moderniasasi mengarah kepada mengubah cara berpikir tradisional dan irrasional menjadi cara berpikir rasional, efisiensi, dan praktis. Sedangkan westernisasi mengarah kepada proses identifikasi dan imitasi budaya barat.
Orang Indonesia yang mengadaptasi gaya hidup kebarat-baratan seperti (suka minum-minuman keras, freeseks, senang hura-hura) itulah yang disebut condong ke arah Westernisasi. Orang seperti itu belum tentu modern dalam mentalitasnya, mungkin sesekali mereka itu masih bergaya tidak disiplin, tidak bermutu, dan karya-karyanya,. Cara hidup kebarat-baratan seperti konsumerisme juga bukan tindakan yang rasional untuk ditiru, karena berefek pada pemborosan dan semakin memuncaknya tagiahan kartu kredit.
Dalam melakukan Modernisasi tidak perlu dengan Westernisasi. Hidup modern dengan menggunakan unsur-usur budaya Barat seperti ilmu dan teknologi itu tidak berarti bahwa kita melakukan Westernisasi, tetapi dalam rangka transformasi ilmu dan teknologi.
2.       Bagaimana anda menghadapi perubahan di era globalisasi. Uraikan pendapat anda !
Perubahan mendorong masyarakat ke dalam era global yang penuh kemajuan dan kecanggihan teknologi. Pada era global masyarakat dunia mampu berkomunikasi tanpa bertatap muka langsung. Batas-batas wilayah suatu negara seolah tidak ada. Hal ini membawa dampak bagi masyarakat.
Usaha-usaha yang harus kita lakukan dalam menghadapi era globalisasi ini adalah sebagai berikut :
a.      Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai filter budaya asing yang bersifat negatif.
b.     Peningkatan penghayatan dan pengamalan Pancasila untuk memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa.
c.      Menghayati dan mengintensifkan pembelajaran budaya tradisional yang bernilai luhur agar tidak musnah diganti oleh kebudayaan asing.
d.     Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan agar dapat memilih mana yang baik dan benar bagi masyarakat. Karena itu, tidak semua kebudayaan asing baik dan cocok untuk diterapkan pada masyarakat Indonesia.
e.      Meningkatkan pendidikan adalah upaya meningkatkan kualitas diri agar dapat bersaing dengan bangsa lain baik dalam mencari lapangan kerja di dalam negeri maupun di luar negeri.
f.      Meningkatkan kualitas produk dalam negeri agar dapat bersaing merebut pasar local, nasional, dan internasional.
g.     Meningkatkan penguasaan teknologi di segala bidang agar kita tidak bergantung pada bangsa lain, mandiri, dan percaya pada diri sendiri.
h.     Menumbuhkan kinerja yang berwawasan luas dan beretos kerja tinggi.
i.       Menumbuhkan dinamika yang terbuka dan tanggap tehadap unsure-unsur pembaharuan.
j.       Perubahan mental kearah sikap yang modern, seperti ulet, rajin, berdisiplin, beretos kerja tinggi, cerdas, terampil, kreatif, dan berjiwa wiraswasta sangat diperlukan untuk menghadapi era globalisasi tersebut.
3.       Langkah awal dari kehidupan yang ideal adalah mampu mencegah masuknya ideologi asing. Bagaimana menurut anda?
Menurut saya memang benar bahwa terwujudnya kehidupan ideal itu terwujud dengan mencegah masuknya ideologi asing. Seperti yang telah kita ketahui bahwa di Indonesia terdapat berbagai macam suku bangsa, adat istiadat hingga berbagai macam agama dan aliran kepercayaan. Dengan kondisi sosiokultur yang begitu heterogen dibutuhkan sebuah ideologi yang netral namun dapat mengayomi berbagai keragaman yang ada di Indonesia. Karena itu dipilihlah Pancasila sebagai dasar negara.
Sekelumit tentang ancaman ideologi asing, maka segenep elemen bangsa memiliki tanggung jawab untuk mengawasi gerakan ideologi asing tersebut yang dianggap mengancam eksistensi ideologi pancasila. Sudah saatnya, kita perlu menanamkan benih-benih ideologi pancasila kepada generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa ini ke depan agar dijaga dan dipertahankan sebagai sebuah pandangan hidup yang mulia.
Sudah saatnya pula, kita bersatu dan berkomitmen untuk menjadikan pancasila sebagai falsafah tunggal yang melandasi semua cara pandang masyarakat tanpa harus menoleh terhadap munculnya ideologi baru yang seolah-olah memberikan jaminan ideal dan pencerahan. Dampak negative ideologi asing :
a.      Bila kepribadian kita tidak kuat, maka ideologi negara lain akan mudah mempengaruhi bangsa kita
b.     Masuknya ideologi asing dapat berpengaruh buruk bagi generasi muda yang tidak paham ideologi Negara
c.      Terdapat kelompok penganut ideologi asing yang dapat mengganggu stabilitas keamanan negara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar