A.
Pengertian Penawaran
Penawaran
adalah sejumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga tertentu dan waktu
tertentu.
B.
Hukum penawaran
Hukum
penawaran berbunyi :
Pernyataan bahwa dengan mengangggap hal
lain sama,kuantitas barang yang ditawarkan akan meningkat ketika harga barang
meningkat dan kuantitas barang yang ditawarkan akan turun ketika harga barang
turun.
Dalam
hukum penawaran jumlah barang yang ditawarkan akan berbanding lurus dengan
tingkat harga.
C.
Faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah yang
ditawarkan
1. Biaya produksi / input
Tinggi/rendahnya biaya
produksi akan mempengaruhi harga jual yangpada akhirnya akan mempengaruhi
jumlah yang ditawarkan.
2. Teknologi
Maju/mundurnya atau canggih tidaknya suatu teknologi akan
memprngaruhi jumlah penawaran.Makin canggih suatu teknologi maka produktifitas
semakin besar,harga menjadi murah,jumlah yang ditawarkan meningkat dan
sebaliknya.
3. Harapan keuntungan
Tingkat keuntungan
produsen,besar/kecilnya laba akan menentukan harga jual.
4. Kebutuhan akan uang tunai
Mendesak/tidaknya uang tunai
bagi perusahaan akan berpengaruh kepada harga jual yang pada akhirnya akan
berpengaruh pada jumlah penawaran.
5. Harapan harga masa yang akan datang
Bagi produsen yang mampu
menahan barang untuk dijual pada saat harga dianggap lebih
menguntungkan,produsen akan menahan barang,sehingga mempengaruhi jumlah
penawaran.
D.
Penentu penawaran individu
Sebuah
perusahaan yang memproduksi dan menjual es krim.Apa yang menentukan kuantitas
es krim yang akan diproduksi dan dijual? Berikut beberapa jawaban yang mungkin
:
Harga. Ketika harga es krim tinggi,kuantitas yang ditawarkanpun akan
semakin besar karena menjual es krim dianggap menguntungkan.Sebaliknya ketika
harga es krim rendah produksi es krim akan mengalami pengurangan karena
dianggap kurang menguntungkan.
Karena
kuantitas yang ditawarkan meningkat ketika harga meningkat dan menurun ketika harga menurun,dapat
dikatakan bahwa kuantitas yang ditawarkan berhubungan
secara positif dengan harga barang.
Harga Input. Jika salah satu atau lebih dari berbagai
input es krim naik maka perusahaan akan menawarkan lebih sedikit es krim begitu
pula sebaliknya.Jadi,kuantitas barang yang ditawarkan berhubungan secara negatif dengan
harga input untuk membuat barang tersebut.
Teknologi. Penemuan mekanisasi mesin pengolah es krim akan mengurangi jumlah pekerja
pembuat es krim.melalui penurunan biaya perusahaan,perkembangan teknologi akan
menaikkan kuantitas es krim yang
ditawarkan.
Ekspektasi. Harapan bahwa harga es krim
di massa datang akn meningkat maka perusahaan akan menyimpan sejuumlah
es krim saat ini ke dalam gudang dan mengurangi
penawaran ke pasar pada saat ini.
E.
Skedul Penawaran dan Permintaan
Skedul
penawaran adalah sebuah tabel yang memperlihatkan hubungan antara harga sebuah
barang dan kuantitas yang ditawarkannya.
Contoh: table skedul penawaran.
Harga es
krim
|
Kuantitas
yang ditawarkan
|
$ 0,00
0,50
1,00
1,50
2,00
2,50
3,00
|
0
0
1
2
3
4
5
|
Menggambarkan
hubungan antara kuantitas es krim yang ditawarkan dengan harganya. Kurva yang
menghubungkan harga dan kuantitas yang ditawarkan tersebut dinamakan kurva penawaran (supply curve).Kurva
penawaran adalah garis yang menghubungkan titik-titik pada tingkat harga dengan
jumlah barang/jasa yang ditawarkan.Kurva penawaran bergerak dari kiri bawah ke
kanan atas yang menunjukkan jika harga barang tinggi,para produsen akan menjual
dalam jumlah yang lebih banyak.
F.
Penawaran Pasar Versus Penawaran Individu
Penawaran pasar
merupakan penjumlahan penawaran dari seluruh penjual yang ada di pasar
(penawaran individu). Kuantitas yang ditawarkan di pasar tergantung
pada faktor-faktor yang menentukan penawaran para penjual individual,yaitu
harga barang,harga input yang digunakan untuk berproduksi,teknologi yang
tersedia serta ekspektasi.Sellain itu,kuantitas yang ditawarkan di sebuah pasar
juga tergantung dari jumlah para penjual.
Skedul
penawaran individu dan pasar
Harga es
krim
|
Ben
|
+
|
Jerry
|
Pasar
|
$ 0,00
0,50
1,00
1,50
2,00
2,50
3,00
|
0
0
1
2
3
4
5
|
0
0
0
2
4
6
8
|
0
0
1
4
7
10
13
|
Kurva penurunan
memperlihatkan apa yang terjadi dengan kuantitas barang yang ditawarkan ketika
harganya berubah, dengan menganggap seluruh factor penentu lainnya konstan. Jika satu
dari factor-faktor tersebut berubah, kurva penawaran akan bergeser.
Kurva penawaran sebagai
penjumlahan dari penawaran individu, kurva penurunan pasar diperoleh dari
penjumlahan secara horizontal kurva-kurva penawaran individu. Pada hara $
2 Ben menawarkan 3 es krim, sedangkan
Jerry 4 es krim. Kuantitas yang ditawarkan di pasar pada harga ini adalah 7 es
krim.
G.
Pergeseran Kurva Penawaran
Kurva
penawaran akan mengalami pergeseran, tergantung pada faktor yang
mempengaruhinya. Jika harga barang naik,maka jumlah penawaran akan
bertambah,sehingga kurva bergesar ke kanan.Jika harga barang turun,maka jumlah
penawaran akan berkurang,sehingga kurva bergeser ke kiri.
Gambar pergeseran kurva penawaran
H. Penawaran
dan Permintaan Secara Bersama
1. Keseimbangan
Keseimbangan penawaran dan
permintaan ditemukan ketika kurva penawaran dan permintaan saling berpotongan.
Pada harga keseimbangan kuantitas yang ditawarkan sama dengan kuantitas yang
diterima.
Harga pada saat kurva penawaran dan permintaan saling berpotongan
disebut harga keseimbangan(eqilibrium
price) dan kuantitasnya dinamakan kuantitas
keseimbangan(quantity price).
Pada harga
keseimbangan,kuantitas barang yang tersedia dan dapat dibeli pembeli tepat sama dengan
kuantitas yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual. Harga keseimbangan kadang-kadang disebut
sebagai master clearing price karena pada tingkat harga ini, setiap orang di
pasar telahterpuaskan. Pembeli telah membeli seluruh yang mereka ingin beli dan
penjual telah menjual seluruh yang mereka ingin jual.
Yang terjadi apabila harga
pasar tidak sama dengan harga keseimbangan.
·
Apabila
harga pasar di atas harga keseimbangan maka akan terdapat surplus barang yang
mengakibatkan penjual tidak dapat menjual seluruh barang yang ingin mereka jual
pada harga yang berlaku saat itu.Situasi ini disebut kelebihan penawaran.Oleh karena itu penjual akan bereaksi terhadap
kelebihan penawaran ini dengan memotong harga barang dan harga terus menurun
sampai pasar memperoleh keseimbangan.
Gambar kurva kelebihan penawaran
·
Apabila harga pasar di bawah harga keseimbangan maka akan
terdapat kekurangan barang yang mengakibatkan pembeli tidak dapat membeli seluruh
barang yang ingin mereka beli pada harga yang berlaku saat itu.Situasi ini
disebut kelebihan permintaan.Oleh
karena itu penjual akan bereaksi terhadap kelebihan permintaan ini dengan menaikka harga tanpa kehilangan
penjualan.ketika harga naik,pasar bergerak ke arah keseimbangan.
Pada
sebagian besar pasar,surplus dan kekurangan hanya bersifat temporer karena
harga pada akhirnya bergerak ke arah tingkat keseimbangan.Fenomena ini begitu pervasive sehingga kadang-kadang disebut sebagai hukum penawaran dan permintaan yaitu
harga setiap barang menyesuaikan diri untuk membawa penawaran dan permintaan
barang tersebut ke dalam keseimbangan.
2. Tiga langkah untuk menganalisis perubahan
keseimbangan
Program tiga langkah untuk
melakukan comparative statics :
·
Putuskan apakah sebuah peristiwa menggeser kurva penawaran/kurva
permintaan(atau mungkin keduanya)
·
Putuskan
ke arah mana kurva bergeser
·
Gunakan
diagram penawaran dan permintaan untuk melihat bagaimana pergeseran tersebut
mengubah keseimbangan
Pergeseran
dalam kurva penawaran disebut sebagai perubahan
dalam penawaran dan pergerakan sepanjang kurva penawaran yang tetap disebut
sebagai perubahan dalam kuantitas yang
ditawarkan.
Perubahan dalam penawaran :
Misalkan
selama musim panas lainnya,sebuah gempa bumi telah merusak sebagian pabrik-pabrik es krim.Bagaimana
peristiwaa/even inimempengaruhi pasar es
krim? Untuk menjawab pertanyaan ini,kita pakai model tiga langkah.
1.
Gempa
bumi mempengaruhi kurva penawaran. Dengan menurunkan jumlah para penjual, gempa
bumi mengubah jumlah es krim yang diproduksi dan dijual pada tingkat harga
tertentu.
2.
Kurva
penawaran bergeser ke kiri karena, pada setiap tingkat harga,jumlah total yang
bersedia dan dapat dijual oleh perusahaan menurun.
3.
Pergeseran
dalam kurva penawaran menaikkan keseimbangan harga dan menurunkan
kuantitas keseimbangan. Akibat gempa
bumi,harga es krim naik,dan kuantitas es krim yang dijual menurun.
Perubahan dalam kurva penawaran dan permintaan
Misalkan
udara panas dan gempa bumi terjadi pada waktu yang bersamaan. Untuk
menganalisis kombinasi kejadian ini,kita pakai model tiga langkah.
1.
Kita
tentukan bahwa kedua kurva harus bergeser.udara panas memepengaruhi
kurvapermintaan sebab kejadian ini menyebabkan jumlah es krim yang ingin dibeli
masyarakat meningkat pada harga tertentu. Pada
saat yang bersamaan, gempa bumi mendorong kurva penawaran karena
kejadian ini mengubah jumlah es krim yang ingin dijual penjual pada harga
tertentu.
2.
Kedua kurva bergeser dengan arah yang sama seperti
yang terjadi pada analisis
sebelumnya.kurva permintaan bergeser ke kanan dan kurva penawaran
bergeser ke kiri.
3.
Terdapat
dua kemungkinan hasil yang ditimbulkan kedua
peristiwa tersebut. Hasil apa yang akan terjadi tergantung pada ukuran
relatif dari pergeseran kurva permintaan dan penawaran. Pada kedua kasus
tersebut harga keseimbangan akan meningkat. Yang pertama dimana permintaan
meningkat secara substansial sementara penawaran hanya menurun
sedikit,kuantitas keseimbangan juga meningkat. Sebaliknya yang kedua dimana
penawaran menurun secara substansial sedangkan prmintaan hanya meningkat
sedikit saja, kuantitas keseimbangan menurun. Jadi, kedua peristiwa tersebut
memang menaikkan harga es krim,namun dampaknya terhadap jumlah es
4.
krim
yang dijual bersifat ambigous.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar