ICE ONLINE
” WIRAUSAHA ICE CREAM POLLARD DENGAN FREE HOSPOT SEBAGAI PELENGKAP ”
1. RINGKASAN
EKSEKUTIF (EXECUTIVE SUMMARY)
Ice Online
adalah konsep kedai khusus ice cream yang dibuat dari bahan pakan alternatif
yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh yaitu Pollard. Pollard merupakan limbah
penggilingan dari gandum menjadi terigu. Kualitas protein pollard lebih baik
dari jagung, tetapi rendah daripada kualitas protein kedele, susu, ikan dan
daging. Pollard kaya akan phospor (P), ferrum (Fe) tetapi miskin akan kalsium
(Ca). Pollard mengandung 1,29% P, tetapi hanya mengandung 0,13% Ca. Pollard
tidak mengandung vitamin A atau vitamin lainnya, tetapi kaya akan niacin dan
thiamin.
Saat ini banyak jajanan yang asal enak namun
tidak memperhatikan manfaat bagi tubuh. Anak-anak dan remaja paling sering
mengkonsumsi jajanan namun jarang diantara mereka yang memperhatikan aspek gizi
hanya asal enak. Bila pola memakan jajanan asal enak ini menjadi suatu
kebiasan, bisa terjadi dampak yang buruk bagi tubuh kedepan karena asupan tubuh
tidak menjadi tidak bagus seiring memakan makanan yang tidak berkualitas. Maka
dari itu diperlukan suatu inovasi jajanan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh.
Ice Online merupakan
salah satu solusinya. Ice Online
yang berbahan dasar Pollard
ini merupakan bahan pakan sumber energy yang cukup melimpah
dan dapat mudah ditemui.
Yang
lebih menarik dari Ice Online ini selain berbahan dasar Pollard, di bar khusus
ice cream ini memberikan layanan Free Hospot. Dengan adanya layanan free
hospot maka bar khusus ice cream ini dinamakan Ice Online. Adanya layanan ini
membuat pelanggan dapat lebih lama serta lebih menikmati hidangan di Ice Online
ini. Dan diharapkan dapat menarik banyak konsumen.
Peluang membuka kedai ice cream di mall dan di
kota-kota besar masih terbuka lebar karena bagi masyarakat kota, menikmati ice
cream bersama keluarga ataupun dengan kekasih sudah menjadi kebiasaan. Laporan
penjualan dari konsumsi ice cream di Asia telah menemukan kebenaran mengenai
peluang yang besar di industri ini, sebagai salah satu produk makanan dan
minuman di seluruh Asia, pada negara-negara seperti Cina, Jepang, Korea
Selatan, dan negara-negara lain seperti Indonesia. Dengan merujuk peluang yang
ada di Indonesia, para pendiri membangun “RICI” Romantic Ice Cream Island,
berlokasi di Surabaya. Perbedaan utama yang ditawarkan dari pesaing lainnya
adalah pada suasana tempatnya, yang menggunakan tema pantai dan kehidupan laut
pada bagian dalam dan luarnya. Hal ini menunjukkan tujuan utama dari tempat tersebut,
yaitu memberikan suasana bebas dan santai untuk mengkonsumsi es cream, dengan
produk utama ice cream yang sehat. Oleh karena itu, desain kedai Ice Online ini
akan mengusung tema pantai yang rileks, lepas, dan informal yang dinikmati
sambil ngobrol, chatting/browsing internetan, maupun berdiskusi.
Elemen-elemen utama yang disajikan
di Kedai Ice Online yang dapat membedakan dengan kedai-kedai yang lain pada
umumnya ialah :
· Produk berkualitas tinggi terbuat dari
bahan dasar Pollard yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh.
· Layanan maksimal yang diberikan kepada
konsumen.
· Lokasi yang nyaman dan dapat dijangkau
oleh masyarakat luas.
· Desain yang mengusung tema pantai.
· Metode pemasaran yang menggiurkan.
Hasil
yang dapat dirasakan dengan adanya Ice Online yaitu :
· Berguna
untuk masyarakat
· Merangsang
penambahan lapangan kerja
· Meningkatkan Pendapatan Masyarakat
Tahap
awal dari Rencana bisnis ini adalah membuka gerai seluas 200m2,
tetapi target jangka menengah gerai ini akan dikembangkan diberbagai kota
terutama Surakarta.
2. DISKRIPSI
BISNIS
a. Konsep
Bisnis
Ice Online adalah konsep
kedai khusus ice cream yang dibuat dari bahan pakan alternatif yang
sehat dan bermanfaat bagi tubuh yaitu Pollard. Ice Online menawarkan kedai Ice
Cream yang mengusung tema pantai serta memiliki layanan free hospot sehinga
konsumen merasa nyaman dan ingin selalu mendatangi Ice Online. Kedai ini yang
akan dibuka pertama kali di Surakarta dan akan dikembangkan di daerah-daerah
pinggiran dimana daerah itu jauh dari daerah kota.
Pengolahan pollard menjadi ice cream
merupakan salah satu inovasi dalam dunia ice cream. Ice cream merupakan makanan
yang disukai oleh segala umur dan lapisan masyarakat. Mulai dari anak-anak
hingga orang tua menyukai ice cream. Teksturnya yang lembut dan menyegarkan,
sangat nikmat bila dimakan ketika cuaca panas atau penat karena pekerjaan.
Produk yang ditawarkan masih biasa saja seperti pada umumnya, yang membedakan
hanya tampilan kemasan atau rasa. Ice Online yang berbahan dasar pollard berbeda dengan ice cream biasa, selain
menawarkan cita rasa khas ice cream, ice cream ini memberikan sumber energi
bagi tubuh. Ice cream pollard ini dapat menadi makanan sampingan yang bergizi
dan punya nilai jual.
Tahap
awal dari Rencana bisnis ini adalah membuka gerai seluas 200m2,
tetapi target jangka menengah gerai ini akan dikembangkan diberbagai kota
terutama Surakarta. Sementara itu, rencana jangka panjang diharapkan Ice Online
ini dapat menguasai pasar di kota-kota besar melalui franchise.
Peluang
membuka kedai ice cream di mall dan di kota-kota besar maupun pinggiran masih terbuka lebar karena bagi masyarakat
kota ataupun pinggiran, menikmati ice cream bersama keluarga ataupun dengan
kekasih sudah menjadi kebiasaan.
Berikut
ini adalah 5 elemen utama yang ditawarkan oleh Ice Online yang membedakan
dengan kedai Ice cream lainnya, yaitu :
·
Produk
berkualitas tinggi terbuat dari bahan dasar Pollard yang sehat dan
bermanfaat bagi tubuh.
Pollard merupakan bahan
pakan alternatif yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh. Pollard merupakan limbah
penggilingan dari gandum menjadi terigu. Angka konversi pollard dari bahan baku
sekitar 25-26%. Bulky density pollard yang baik adalah 208,7 g/l. Kualitas
protein pollard lebih baik dari jagung, tetapi rendah daripada kualitas protein
kedele, susu, ikan dan daging.
Pollard kaya akan phospor
(P), ferrum (Fe) tetapi miskin akan kalsium (Ca). Pollard mengandung 1,29% P,
tetapi hanya mengandung 0,13% Ca. Bagian terbesar dari P ada dalam bentuk
phitin phospor. Pollard tidak mengandung vitamin A atau vitamin lainnya, tetapi
kaya akan niacin dan thiamin.
Vitamin B3 atau niacin merupakan pembentuk enzim
untuk membantu proses metabolisme energi. Niacin memegang peranan dalam
pemeliharaan kesehatan jaringan tubuh. Thiamin atau vitamin B1 merupakan
pembentuk enzim dalam pembantuan proses katabolisme karbohidrat. Vitamin B1
juga memegang peranan penting dalam pertumbuhan, menambah nafsu makan,
menyempurnakan pencernaan dan penggunaan hidrat arang. Hasil analisis
proksimat pollard mengandung 88,50%BK; 5,90% abu; 18,46 % PK; 3,88 % LK; 9,70 %
SK; 62,00 % BETN.
·
Layanan
maksimal yang diberikan kepada konsumen
Pentingnya pelayanan prima terhadap pelanggan juga
merupakan strategi dalam rangka memenangkan persaingan. Akan tetapi tidak cukup
hanya memberikan rasa puas dan perhatian terhadap pelanggan saja, lebih dari itu
adalah bagaimana cara merespon keinginan pelanggan, sehingga dapat menimbulkan
kesan positif dari pelanggan. Jadi pegawai memegang peranan penting dalam hal
ini. Oleh karena itu, ditetapkan pegawai yang direkrut ialah yang memiliki
sifat meliputi berikut ini : berpenampilan menarik, sopan, cekatan, sabar,
ramah, memiliki motivasi tinggi serta memiliki komitmen terhadap konsumen.
Motivasi yang kami miliki dalam rangka
memaksimalkan pelayanan yaitu betapa pentingnya pelayanan prima karena
keberhasilan pelayanan prima terhadap pelanggan akan menimbulkan hal-hal
sebagai berikut :
ü Pelayanan prima dapat menimbulkan
keputusan pihak pelanggan untuk segera memesan jenis ice cream apa yang sedang
ditawarkan oleh pelayan.
ü Pelayanan prima dapat menumbuhkan
kepercayaan terhadap produk yang ditawarkan
ü Pelayanan prima diharapkan dapat mempertahankan
pelanggan agar tetap setia pada produk kita
ü Pelayanan prima dapat menghindarkan
tuntutan-tuntutan terhadap penjual yang tidak perlu.
Kaitannya
dengan pelayanan prima Ice Online menerapkan 3 konsep dasar yang harus
dilakukan oleh pelayan, yaitu :
ü Konsep sikap (attitude)
ü Konsep perhatian (attention)
ü Konsep tindakan (action)
·
Lokasi
yang nyaman dan dapat dijangkau oleh masyarakat luas
Ice Online berlokasi di salah satu tempat di Surakarta
yaitu di daerah Jagalan dengan tingkat lalu lintas pengunjung yang tinggi sehingga
diharapkan penjulannya terus dapat meningkat. Lokasi yang berukuran 200m2
dengan desain pantai memberikan kesan nyaman dan enjoy.
·
Desain
yang mengusung tema pantai
Desain kedai Ice Online ini akan
mengusung tema pantai yang rileks, lepas, dan informal yang dinikmati sambil
ngobrol, chatting/browsing internetan, maupun berdiskusi. Hal ini
menunjukkan tujuan utama dari tempat tersebut, yaitu memberikan suasana bebas
dan santai untuk mengkonsumsi es cream, dengan produk utama ice cream yang
sehat. Desain interior dan prabotan akan sedemikian rupa menyerupai suasana
pantai, misalnya pewarnaan atap dengan warna biru muda disertai aksesoris,
bentuk meja bertenda dengan kursi yang uni. Sejalan dengan kebutuhan masyarakat
yang memilikimobilitas yang tinggi maka disediakan pula fasilitas wifi dan
akses internet (freehospot).
·
Metode
pemasaran yang menggiurkan
Metode
pemasaran Ice Online akan dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya :
ü Periklanan : Dengan cara menyebar
informasi online melalui situs jejarisng sosial misalnya facebook dan tweeter.
ü Promosi Penjualan : Dengan cara menawarkan
berbagai konsep pemasaran yang kreatif, seperti pemberian diskon pada hari-hari
tertentu.
ü Hubungan Masyarakat dan Publisitas :
interaksi langsung dengan satu calon pembeli atau lebih untuk melakukan
presentasi, menjawab pertanyaan, dan menerima pesanan.
Hasil yang dapat dirasakan dengan adanya Ice Online yaitu :
·
Berguna untuk masyarakat
Produk olahan pollard
disajikan dalam bentuk ice cream dapat dikenal dan dikonsumsi oleh masyarakat
dan memiliki beberapa keunggulan dari segi kualitas produk, harga, manfaat, dan
kepraktisannya.
·
Merangsang penambahan lapangan kerja
Dengan adanya produk baru
berupa ice cream pollard maka dibutuhkan orang yang bekerja dalam proses
pengolahannya sehingga membuka peluang penambahan lapangan kerja
·
Meningkatkan
Pendapatan Masyarakat
Proses produksi yang tidak terlalu rumit dan
menggunakan teknologi yang sederhana dalam pembuatannya merupakan suatu
keunggulan tersendiri dari produk ice cream, sehingga follow-up dari
bisnis yang akan kontinu karena bahan baku yang selalu tersedia, dapat berupa
sosialisasi dan pendampingan pada unit usaha/ masyarakat guna meningkatkan penghasilan
bagi unit usaha/ masyarakat.
b.
Produk
yang ditawarkan
Kedai Ice Online menawarkan menu utama ialah ice
cream berbahan dasar pollard, tetapi Ice Online juga menawarkan berbagai menu
lainnya :
· Menu Ice Cream :
Es krim pollard ubi jalar ungu ini
memiliki beberapa rasa yaitu rasa original, rasa ubi jalar ungu, rasa jambu,
dan rasa jahe. Semua rasa ini dipilih karena pembarun produk es krim dengan
inovasi asayang berbeda, namun ke depannya es krim pollard akan menambah
variasi rasa yang berbasis inovasi dan herbal serta organik. Pengembangan
variasi rasa dilakukan agar konsumen tidak merasa bosan dengan produk crepes
ubi jalar ungu.
· Menu Lainnya :
ü Air mineral
ü Jus Buah Segar
ü Coklat dan kue sebagai cemilan
c.
Harga
Harga yang ditawarkan sangat menggiurkan dan dapat
dijangkau oleh semua kalangan. Berikut adalah daftar harga darisetiap menu :
ü Air mineral 240 ml Rp 1500
ü Ice pollar Rp 3000
ü Jus buah segar Rp
3000
ü Coklat Rp 2000
ü Kue Rp 2500
d.
Persediaan
barang dan Pemasaran
Produk yang ditawarkan
adalah produk inovasi berbasis ubi jalar ungu dengan produk utama adalah es
krim pollard dengan merek “ICE
ONLINE”. Produk ini akan menarik konsumen yang telah jenuh dengan es
krim yang ada di pasaran saat ini. Oleh karena es krim pollard ini merupakan
produk baru, maka akan menarik minat konsumen untuk mencoba. Dengan jenis
penganan yang baru dan rasa yang lezat, konsumen sekali mencoba akan langsung
menyukainya.
Untuk langkah-
langkah pengembangan usaha ke depan sebagai berikut
:
Strategi pemasaran
Produk es krim pollard ini
merupakan produk yang masih baru sehingga prioritas utama adalah produk dikenal
dan diterima masyarakat. Setelah produk diterima oleh konsumen maka produk
segera masuk kedalam fase selanjutnya dimana keuntungan akan ditingkatkan.
Sehingga keberlanjutan usaha akan terjamin serta konsumen tidak akan lari,
karena konsumen akan lari apabila produsen mengincar profit yang besar diawal.
Keberlanjutan fase introduction akan dilanjutkan dengan memperbesar
skala produksi, serta memperluas daerah pemasaran dengan penguatan citra /
brand image pada konsumen.
Strategi
pemasaran yang akan dilakukan adalah strategi membuka dan mengembangkan pasar.
Produk akan diproduksi dan dijual dalam tempat yang sama yaitu dalam sebuah refigerator
yang di titipkan di kantin Fakultas Peternkan UGM Penggunaan refigerator
dalm suatu kantin di harapkan mampu menekan biaya pemasaran dan bila ini
dapat bejalan lancar dan sukses akan di buka pula stand atau rumah es krim dari
produk kami ini.
Strategi pemasaran yang
lain adalah memasarkan produk secara langsung dengan produk-produk pesaing,
penjualan dilakukan di dekat tempat-tempat yang telah menjual produk es krim
yang telah beredar di pasaran. Positioning produk dilakukan dengan
menonjolkan produk yang merupakan new product. Equitas merek dibangun
untuk menonjolkan produk sebagai hasil karya para mahasiswa sehingga calon
konsumen akan lebih memberi apresiasi yang tinggi
e.
Layanan
pelanggan
Pentingnya pelayanan prima terhadap pelanggan juga
merupakan strategi dalam rangka memenangkan persaingan. Akan tetapi tidak cukup
hanya memberikan rasa puas dan perhatian terhadap pelanggan saja, lebih dari
itu adalah bagaimana cara merespon keinginan pelanggan, sehingga dapat
menimbulkan kesan positif dari pelanggan. Jadi pegawai memegang peranan penting
dalam hal ini. Oleh karena itu, ditetapkan pegawai yang direkrut ialah yang
memiliki sifat meliputi berikut ini : berpenampilan menarik, sopan, cekatan,
sabar, ramah, memiliki motivasi tinggi serta memiliki komitmen terhadap
konsumen.
f.
Desain
gerai
Desain kedai Ice Online ini akan
mengusung tema pantai yang rileks, lepas, dan informal yang dinikmati sambil
ngobrol, chatting/browsing internetan, maupun berdiskusi. Hal ini
menunjukkan tujuan utama dari tempat tersebut, yaitu memberikan suasana bebas
dan santai untuk mengkonsumsi es cream, dengan produk utama ice cream yang
sehat. Desain interior dan prabotan akan sedemikian rupa menyerupai suasana
pantai, misalnya pewarnaan atap dengan warna biru muda disertai aksesoris,
bentuk meja bertenda dengan kursi yang uni. Sejalan dengan kebutuhan masyarakat
yang memilikimobilitas yang tinggi maka disediakan pula fasilitas wifi dan
akses internet (freehospot).
g.
Lokasi
Pilihan dan Wilayah
Pilihan lokasi Ice Online adalah dengan kriteria
lalu lintas pengunjung yang tinggi, mudah dijangkau, tempat nyaman dan bersih,
walaupun belum terlalu luas. Ice Online berlokasi di salah satu tempat di
Surakarta yaitu di daerah Jagalan dengan tingkat lalu lintas pengunjung yang
tinggi sehingga diharapkan penjulannya terus dapat meningkat. Lokasi yang
berukuran 200m2 dengan desain pantai memberikan kesan nyaman dan
enjoy.
h.
Pasokan
barang Dagangan
· Bahan baku untuk pembbuatan ice cream
· Kudapan penunjang
i.
Operasi
Gerai dan Manajemen
· Gerai Ice Cream akan dioperasikan oleh
satu orang manager toko yang akan bekerja full dan dua orang pegawai
pendungkung
· Jam operasi gerai adalah pkl. 09.00-20.00,
setiap hari.
3. STRATEGI
PASAR
Siapa sih yang tidak menyukai es
krim (ice cream)? Hidangan beku dengan aneka tampilan ini, selain
memiliki rasa yang lezat ternyata juga mengandung unsur gizi yang cukup lumayan
tinggi. Sumbangan nilai gizi terbesar pada es krim berasal dari bahan baku
dasarnya, yaitu susu. Itu sebabnya es krim memiliki nilai gizi tinggi
dibandingkan dengan jenis minuman lainnya. Pantas saja, tak hanya ibu hamil,
anak-anak balita pun juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsinya.
Jadi dapat disimpulkan bahwa ice
cream dapat dinikmati oleh semua kalangan yang meliputi ibu hamil, anak kecil,
remaja, dewasa, bahkan orang tua.
Berdasarkan
studi Love dan majalah SWA (tahun 2005) Segmentasi pasar
Indonesia dapat dibagi menjadi 8 segmen. Dari ke-8 segmen tersebut sasaran
pasar bisnis Ice Online ini mengarah pada semua segmen, tapi prosentase
terbesar pada segmen Bintang panggur/ the spontanaeous Fun Love yang
memiliki ciri-ciri wanita dari daerah perkotaan dengan status sosial-ekonomi
tinggi, senang menjadi pusat perhatian, suka bergaul, suka pamer, dan
menyenangi aktivitas diluar rumah seperti pesta dan kumpul-kumpul. Mereka
menyukai hal-hal baru yang menjadi tren. Bagi mereka, materi adalah alat untuk
memenuhi tuntutan gaya hidup, sanjungan dan pujaan adalah bukti pengakuan diri.
4. RENCANA
OPERASI DAN MANAJEMEN
· Persiapan
Persiapan
pelaksanaan program Ice cream pollard meliputi observasi lapangan dan
orientasi laboratorium. Observasi langsung di lapangan untuk mengetahui
tempat-tempat, produksi dan mengetahui kelayakan pollard di Indonesia khususnya
di Surakarta. Orientasi laboratorium bertujuan untuk mempersiapkan
dan menganalisis program dalam proses pembuatan Ice cream pollard..
Bahan dasar
yang digunakan untuk pembuatan ice cream pollard ini adalah
polard (bekatul gandum). Tahapan proses harus dilalui, antara lain: memilih
bahan berupa bekatul gandum siap pakai lalu memasaknya melalui prosedur yang
baku dan kemudian packing. Keseluruhan proses dilakukan dalam kondisi
aseptik.
·
Produksi
Produk
inovasi yang direncanakan yaitu Ice cream pollard. Berikut, gambar
produk yang telah kami rencanakan berupa Ice cream pollard, namun foto
ini masih berupa Ice cream biasa yang di jual di pasaran.
Gambar 1. Ice
cream pollard
· Pembuatan Ice cream pollard
Susu segar +
agar-agar putih +susu skim + whiped krim
Jika ingin
ada rasa ditambahkan perasa makanan / sari buah
Panaskan
suhu 40 - 45 derajat Celcius
Masukan gula
+ kuning telur
Pasteurisasi
pada suhu 72 derajat Celsius selama 15 detik
Adonan
dinginkan pada refrigerator brsuhu 5 derajat Celcius selam 24 jam
Masukan dalm
ice cream maker (mixer)
Pembekuan
dalam frezzer selam 24 jam
·
Hasil yang
akan diperoleh
a.
Analisis
Karbohidrat : Identifikasi Sakarida dan presentase energi yang dihasilkan es
krim pollard ini.
b.
Analisis Protein
: Identifikasi Asam amino dan persentase asam amino yang ada pada es krim ini.
c.
Organoleptik :
kesukaan terhadap rasa, warna, tekstur, dan kenampakan Ice crea pollard.
d.
Uji Kelumeran Es
Krim dalam mulut : Tingkat kelumeran es krim
·
Penjelasan
Proses
a.
Pemilihan bahan
baku
Bahan baku berupa pollard siap
pakai dibeli dari produsen gandum di Yogyakarta. Pemilihan pollard siap pakai
bertujuan untuk mengurangi biaya produksi. Selain itu, penggunaan pollad siap
pakai diharapkan dapat memancing minat masyarakat untuk memproduksi dan
memanfatkan pollard sebagai sala satu inovasi komoditi pangan dunia.
b.
Pembuatan adonan
Adonan dibuat berdasarkan
resep yang terdapat dalam buku Diktat Praktikum Susu dan Telur bagian Teknologi
Hasil Ternak Universitas Gadjah Mada dengan beberapa pengembangan.
c.
Pemasakan
Pemasakan dilakukan dengan api
kecil di atas kompor gas dan kemudian di mixer dan di frezzer.
d.
Pengemasan
Setelah poses pembuatan
selesai, es krim dimasukkan ke dalam kertas minyak lalu dilabeli dengan
stiker, kemudian dimasukkan ke dalam plastik pembungkus.
·
Keberlanjutan
Produk yang
ditawarkan adalah crepes ubi jalar ungu dengan brand merek “ICEONLINE”. Merupakan pengembangan produk baru (new
development product) yang belum pernah ada di pasaran. Ice Cream Pollard
memiliki beberapa diferensiasi, yaitu pembedaan dari sisi fungsi produk
yang lebih bergizi, bentuk kemasan produk yang praktis dan bersih, ukuran
produk yang proporsional, dan flavour ice cream yang lezat.
Keberlanjutan
dari program ini adalah dapat diterapkanya teknologi pembuatan Ice Cream
Pollard oleh masyarakat luas di Surakarta. Selain
itu, produk ini dapat dijadikan sebagai produk jajanan memiliki nilai gizi
tinggi dan digemari oleh masyarakat luas.
Spesifikasi
produk adalah sebagai berikut :
a.
Produk Ice
Cream Pollard
b.
Menggunakan
produk local
c.
Merek produk “ICEONLINE”
d. Jajanan sehat siap makan
e. Warna produk
putih
5. JADWAL KEGIATAN PROGRAM
a.
Tahap Persiapan
·
Persiapan peralatan
·
Pengadaan bahan baku serta bahan penunjang untuk
pembuatan es krim
b.
Tahap Pelaksanaan
·
Pembuatan es krim pollard
·
Analisis kelayakan bisnis
·
Sosialisasi kepada masyarakat
c.
Tahap Penyelesaian
· Evaluasi program
· Presentasi monitoring
· Pembuatan laporan
6. ANALISIS
FINANSIAL ( KELAYAKAN USAHA)
· Perhitungan
Investasi Awal Tetap
Tabel 1
Investasi awal tetap
(Dengan asumsi dapat digunakan selama 3
tahun
Item
|
Unit
|
Harga/Unit(Rp)
|
Total (Rp)
|
Pemasangan wifi
|
3(Th)
|
1.000.000/th
|
3.000.000
|
Tempat adonan(baskom)
|
2
|
20.000
|
40.000
|
Mixer
|
1
|
150.000
|
150.000
|
Pisau
|
2
|
2500
|
5.000
|
Pengaduk adonan
|
2
|
3500
|
7.000
|
Skop ice cream
|
2pasang
|
10.000
|
20.000
|
Kompor gas
|
1
|
120.000
|
120.000
|
Tabung gas
|
1
|
150.000
|
150.000
|
Timbangan digital
|
1
|
150.000
|
150.000
|
Refrigerrator
|
2
|
1.000.000
|
2.000.000
|
TOTAL
|
5.642.000
|
Depresiasi
(DEP) = Rp 5.642.000,-/ 3 tahun = Rp 1.880.666,7 /tahun
Rp
1.880.666,7 / 12 bulan = Rp 156.722,22 /bulan
Perhitungan
:
1
resep = 20 kemasan
1
hari = 4 resep = 80 kemasan
1
bulan = 80 x 7 hari x 4 minggu = 2240 kemasan
· Perhitungan
Biaya per Bulan
Tabel
2
Biaya
per bulan
Jenis biaya
|
Unit
|
Harga/ satuan
|
Biaya tidak tetap (Rp)
|
Total Biaya (Rp)
|
Biaya operasional (Bahan Baku)
|
||||
tepung ubi jalar ungu
|
960 g
|
9000/1000 g
|
8.640
|
8640
|
polar
|
3840 g
|
7000/1000 g
|
26.880
|
26880
|
telur
|
192 butir
|
14000/16 butir
|
168.000
|
168000
|
susu segar
|
34560 ml
|
6000/ 1000 ml
|
207.360
|
207360
|
gula
|
5760 g
|
11000/1000 g
|
63.360
|
63360
|
Whiped Cream/bubuk
|
4147,2 g
|
30000/200 g
|
622.080
|
622080
|
agar-agar
|
691,2 g
|
2500/50 g
|
34.560
|
34560
|
perasa buah
|
1 botol
|
7.500
|
7.500
|
7500
|
skim milk
|
3801 g
|
30000/ 400 g
|
285.075
|
285075
|
jahe bubuk
|
960 g
|
1000/ 25 g
|
38.400
|
38400
|
Bahan Penolong
|
||||
bahan bakar(gas)
|
2
|
14000
|
28.000
|
28000
|
Pengemasan
|
||||
cup
|
2240
|
200/cup
|
448.000
|
448000
|
plastik pmbngkus produk
|
2240
|
50/buah
|
112.000
|
112000
|
stiker/label merk
|
2240
|
50/buah
|
112.000
|
112000
|
lain-lain
|
||||
gaji pegawai
|
3 org
|
100000
|
300.000
|
300000
|
admin &umum/sewa t4
|
1
|
200000
|
200.000
|
200000
|
listrik&air
|
2
|
40000
|
80.000
|
80000
|
pemasaran
|
promosi
|
100000
|
100.000
|
100000
|
TOTAL
|
2841855
|
· Penentuan
Harga Jual
Biaya
produksi per kemasan = Rp 2.841.855,- : 2240
=
Rp 1.268,69
=
Rp 1.300,-
Harga
jual = Rp 1.300,- + ( 100 % x Rp 1.300,-)
=
Rp 1.300,- + Rp 1.300,-
=Rp 2.600,-
Harga
jual di bulatkan menjadi Rp 3.000,00
· Perhitungan
Pendapatan
Pendapatan diperoleh dengan
hanya melayani pesanan (by order). Produk jadi tidak ada yang disimpan (zero
stock), maka persentase produk terjual adalah 100 %.
Tabel
3
direncanakan prod terjual
|
100% x 2240 kmsn
|
(by order)
|
|
pendptn /bln
|
2240 kmsn x Rp 3.000,-
|
total pen
|
Rp6.720.000
|
· Perhitungan
rugi laba/ bulan :
Pendapatan
=
Rp 6.720.000,-
Biaya operasional, umum,
dan pemasaran = Rp 2.841.855,-
Laba
kotor Rp 3.878.145,-
Depresiasi/bulan Rp 156.723
Laba
bersih Rp 3.7721.422,-
7.
BIAYA /
RINCIAN ANGGARAN
Dana yang
akan dikeluarkan dalam pelaksanaan program ini, diperkirakan sebagai berikut :
·
Rekapitulasi
Rencana Anggaran
Tabel
4
Keterangan
|
Total (Rp)
|
Bahan
|
1.880.480
|
Alat
|
5.642.000
|
Transportasi
|
75.000
|
analisis usaha
|
750.000
|
promosi, pemasaran dan produksi
|
1.300.000
|
dokumentasi dan pelaporan
|
230.000
|
lain lain
|
122.520
|
TOTAL
|
10.000.000
|
· Rincian Anggaran
Tabel
5
Rincian
Anggaran Bahan Baku
Jenis biaya
|
Unit
|
Harga/ satuan
|
Biaya tidak tetap (Rp)
|
Total Biaya (Rp)
|
Biaya operasional (Bahan Baku)
|
||||
tepung ubi jalar ungu
|
960 g
|
9000/1000 g
|
8.640
|
8640
|
polar
|
3840 g
|
7000/1000 g
|
26.880
|
26880
|
telur
|
192 butir
|
14000/16 butir
|
168.000
|
168000
|
susu segar
|
34560 ml
|
6000/ 1000 ml
|
207.360
|
207360
|
gula
|
5760 g
|
11000/1000 g
|
63.360
|
63360
|
Whiped Cream/bubuk
|
4147,2 g
|
30000/200 g
|
622.080
|
622080
|
agar-agar
|
691,2 g
|
2500/50 g
|
34.560
|
34560
|
perasa buah
|
1 botol
|
7.500
|
7.500
|
7500
|
skim milk
|
3801 g
|
30000/ 400 g
|
285.075
|
285075
|
jahe bubuk
|
960 g
|
1000/ 25 g
|
38.400
|
38400
|
Pengemasan
|
||||
cup
|
2240
|
200/cup
|
448.000
|
448000
|
plastik pmbngkus produk
|
2240
|
50/buah
|
112.000
|
112000
|
stiker/label merk
|
2240
|
50/buah
|
112.000
|
112000
|
TOTAL
|
2133855
|
Tabel
6
Rincin
alat
Item
|
Unit
|
Harga/Unit(Rp)
|
Total (Rp)
|
Pemasangan wifi
|
3(Th)
|
1.000.000/th
|
3.000.000
|
Tempat adonan(baskom)
|
2
|
20.000
|
40.000
|
Mixer
|
1
|
150.000
|
150.000
|
Pisau
|
2
|
2500
|
5.000
|
Pengaduk adonan
|
2
|
3500
|
7.000
|
Skop ice cream
|
2pasang
|
10.000
|
20.000
|
Kompor gas
|
1
|
120.000
|
120.000
|
Tabung gas
|
1
|
150.000
|
150.000
|
Timbangan digital
|
1
|
150.000
|
150.000
|
Refrigerrator
|
2
|
1.000.000
|
2.000.000
|
TOTAL
|
5.642.000
|
Tabel
7
Rincian
Transportasi
keterangan
|
harga
|
jumlah
|
total
|
bensin
|
Rp 5000,-
|
3 0rgx5bln
|
Rp75.000
|
Total
|
Rp75.000
|
Tabel
8
Rincian
Anggaran Analisis Usaha
keterangan
|
total (Rp)
|
uji protein
|
150000
|
uji karbohidrat
|
300000
|
uji organoleptik
|
200000
|
uji kelumeran dlm mulut
|
100000
|
TOTAL
|
750000
|
Tabel
9
Rincian
anggaran promosi/ pemasaran & produksi
keterangan
|
total (Rp)
|
spanduk & leaflet
|
400000
|
sertifikasi halal
|
700000
|
plastik kemasan
|
200000
|
total
|
1300000
|
Tabel
10
Rincian anggaran dokumentasi
keterangan
|
total(Rp)
|
dokumentasi
|
100000
|
alat tulis kerja
|
50000
|
flashdisc
|
80000
|
Total
|
230000
|
Tabel
11
Biaya
lain-lain (tak terduga)
keterangan
|
Total
|
biaya tak terduga
|
122520
|
total
|
122520
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar