Rabu, 26 Oktober 2011

BISNIS PLAN


ICE ONLINE
WIRAUSAHA ICE CREAM POLLARD DENGAN FREE HOSPOT SEBAGAI PELENGKAP

1.       RINGKASAN  EKSEKUTIF (EXECUTIVE SUMMARY)
Ice Online adalah konsep kedai khusus ice cream yang dibuat dari bahan pakan alternatif yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh yaitu Pollard. Pollard merupakan limbah penggilingan dari gandum menjadi terigu. Kualitas protein pollard lebih baik dari jagung, tetapi rendah daripada kualitas protein kedele, susu, ikan dan daging. Pollard kaya akan phospor (P), ferrum (Fe) tetapi miskin akan kalsium (Ca). Pollard mengandung 1,29% P, tetapi hanya mengandung 0,13% Ca. Pollard tidak mengandung vitamin A atau vitamin lainnya, tetapi kaya akan niacin dan thiamin.
Saat ini banyak jajanan yang asal enak namun tidak memperhatikan manfaat bagi tubuh. Anak-anak dan remaja paling sering mengkonsumsi jajanan namun jarang diantara mereka yang memperhatikan aspek gizi hanya asal enak. Bila pola memakan jajanan asal enak ini menjadi suatu kebiasan, bisa terjadi dampak yang buruk bagi tubuh kedepan karena asupan tubuh tidak menjadi tidak bagus seiring memakan makanan yang tidak berkualitas. Maka dari itu diperlukan suatu inovasi jajanan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh. Ice Online merupakan salah satu solusinya. Ice Online yang berbahan dasar Pollard ini  merupakan bahan pakan sumber energy yang cukup melimpah dan dapat mudah ditemui.
Yang lebih menarik dari Ice Online ini selain berbahan dasar Pollard, di bar khusus ice cream ini memberikan layanan Free Hospot. Dengan adanya layanan free hospot maka bar khusus ice cream ini dinamakan Ice Online. Adanya layanan ini membuat pelanggan dapat lebih lama serta lebih menikmati hidangan di Ice Online ini. Dan diharapkan dapat menarik banyak konsumen.
 Peluang membuka kedai ice cream di mall dan di kota-kota besar masih terbuka lebar karena bagi masyarakat kota, menikmati ice cream bersama keluarga ataupun dengan kekasih sudah menjadi kebiasaan. Laporan penjualan dari konsumsi ice cream di Asia telah menemukan kebenaran mengenai peluang yang besar di industri ini, sebagai salah satu produk makanan dan minuman di seluruh Asia, pada negara-negara seperti Cina, Jepang, Korea Selatan, dan negara-negara lain seperti Indonesia. Dengan merujuk peluang yang ada di Indonesia, para pendiri membangun “RICI” Romantic Ice Cream Island, berlokasi di Surabaya. Perbedaan utama yang ditawarkan dari pesaing lainnya adalah pada suasana tempatnya, yang menggunakan tema pantai dan kehidupan laut pada bagian dalam dan luarnya. Hal ini menunjukkan tujuan utama dari tempat tersebut, yaitu memberikan suasana bebas dan santai untuk mengkonsumsi es cream, dengan produk utama ice cream yang sehat. Oleh karena itu, desain kedai Ice Online ini akan mengusung tema pantai yang rileks, lepas, dan informal yang dinikmati sambil ngobrol, chatting/browsing internetan, maupun berdiskusi.
            Elemen-elemen utama yang disajikan di Kedai Ice Online yang dapat membedakan dengan kedai-kedai yang lain pada umumnya ialah :
·       Produk berkualitas tinggi terbuat dari bahan dasar Pollard yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh.
·       Layanan maksimal yang diberikan kepada konsumen.
·       Lokasi yang nyaman dan dapat dijangkau oleh masyarakat luas.
·       Desain yang mengusung tema pantai.
·       Metode pemasaran yang menggiurkan.
Hasil yang dapat dirasakan dengan adanya Ice Online yaitu :
·       Berguna untuk masyarakat
·       Merangsang penambahan lapangan kerja
·       Meningkatkan Pendapatan Masyarakat
Tahap awal dari Rencana bisnis ini adalah membuka gerai seluas 200m2, tetapi target jangka menengah gerai ini akan dikembangkan diberbagai kota terutama Surakarta.

2.       DISKRIPSI BISNIS
a.      Konsep Bisnis
Ice Online adalah konsep kedai khusus ice cream yang dibuat dari bahan pakan alternatif yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh yaitu Pollard. Ice Online menawarkan kedai  Ice Cream yang mengusung tema pantai serta memiliki layanan free hospot sehinga konsumen merasa nyaman dan ingin selalu mendatangi Ice Online. Kedai ini yang akan dibuka pertama kali di Surakarta dan akan dikembangkan di daerah-daerah pinggiran dimana daerah itu jauh dari daerah kota.
Pengolahan pollard menjadi ice cream merupakan salah satu inovasi dalam dunia ice cream. Ice cream merupakan makanan yang disukai oleh segala umur dan lapisan masyarakat. Mulai dari anak-anak hingga orang tua menyukai ice cream. Teksturnya yang lembut dan menyegarkan, sangat nikmat bila dimakan ketika cuaca panas atau penat karena pekerjaan. Produk yang ditawarkan masih biasa saja seperti pada umumnya, yang membedakan hanya tampilan kemasan atau rasa. Ice Online yang berbahan dasar  pollard berbeda dengan ice cream biasa, selain menawarkan cita rasa khas ice cream, ice cream ini memberikan sumber energi bagi tubuh. Ice cream pollard ini dapat menadi makanan sampingan yang bergizi dan punya nilai jual.
Tahap awal dari Rencana bisnis ini adalah membuka gerai seluas 200m2, tetapi target jangka menengah gerai ini akan dikembangkan diberbagai kota terutama Surakarta. Sementara itu, rencana jangka panjang diharapkan Ice Online ini dapat menguasai pasar di kota-kota besar melalui franchise.
Peluang membuka kedai ice cream di mall dan di kota-kota besar maupun pinggiran  masih terbuka lebar karena bagi masyarakat kota ataupun pinggiran, menikmati ice cream bersama keluarga ataupun dengan kekasih sudah menjadi kebiasaan.
Berikut ini adalah 5 elemen utama yang ditawarkan oleh Ice Online yang membedakan dengan kedai Ice cream lainnya, yaitu :
·       Produk berkualitas tinggi terbuat dari bahan dasar Pollard yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh.
Pollard merupakan bahan pakan alternatif yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh. Pollard merupakan limbah penggilingan dari gandum menjadi terigu. Angka konversi pollard dari bahan baku sekitar 25-26%. Bulky density pollard yang baik adalah 208,7 g/l. Kualitas protein pollard lebih baik dari jagung, tetapi rendah daripada kualitas protein kedele, susu, ikan dan daging.
Pollard kaya akan phospor (P), ferrum (Fe) tetapi miskin akan kalsium (Ca). Pollard mengandung 1,29% P, tetapi hanya mengandung 0,13% Ca. Bagian terbesar dari P ada dalam bentuk phitin phospor. Pollard tidak mengandung vitamin A atau vitamin lainnya, tetapi kaya akan niacin dan thiamin.
Vitamin B3 atau niacin merupakan pembentuk enzim untuk membantu proses metabolisme energi. Niacin memegang peranan dalam pemeliharaan kesehatan jaringan tubuh. Thiamin atau vitamin B1 merupakan pembentuk enzim dalam pembantuan proses katabolisme karbohidrat. Vitamin B1 juga memegang peranan penting dalam pertumbuhan, menambah nafsu makan, menyempurnakan pencernaan dan penggunaan hidrat arang. Hasil analisis proksimat pollard mengandung 88,50%BK; 5,90% abu; 18,46 % PK; 3,88 % LK; 9,70 % SK; 62,00 % BETN.
·       Layanan maksimal yang diberikan kepada konsumen
Pentingnya pelayanan prima terhadap pelanggan juga merupakan strategi dalam rangka memenangkan persaingan. Akan tetapi tidak cukup hanya memberikan rasa puas dan perhatian terhadap pelanggan saja, lebih dari itu adalah bagaimana cara merespon keinginan pelanggan, sehingga dapat menimbulkan kesan positif dari pelanggan. Jadi pegawai memegang peranan penting dalam hal ini. Oleh karena itu, ditetapkan pegawai yang direkrut ialah yang memiliki sifat meliputi berikut ini : berpenampilan menarik, sopan, cekatan, sabar, ramah, memiliki motivasi tinggi serta memiliki komitmen terhadap konsumen.
Motivasi yang kami miliki dalam rangka memaksimalkan pelayanan yaitu betapa pentingnya pelayanan prima karena keberhasilan pelayanan prima terhadap pelanggan akan menimbulkan hal-hal sebagai berikut :
ü  Pelayanan prima dapat menimbulkan keputusan pihak pelanggan untuk segera memesan jenis ice cream apa yang sedang ditawarkan oleh pelayan.
ü  Pelayanan prima dapat menumbuhkan kepercayaan terhadap produk yang ditawarkan
ü  Pelayanan prima diharapkan dapat mempertahankan pelanggan agar tetap setia pada produk kita
ü  Pelayanan prima dapat menghindarkan tuntutan-tuntutan terhadap penjual yang tidak perlu.
Kaitannya dengan pelayanan prima Ice Online menerapkan 3 konsep dasar yang harus dilakukan oleh pelayan, yaitu :
ü  Konsep sikap (attitude)
ü  Konsep perhatian (attention)
ü  Konsep tindakan (action)
·       Lokasi yang nyaman dan dapat dijangkau oleh masyarakat luas
Ice Online berlokasi di salah satu tempat di Surakarta yaitu di daerah Jagalan dengan tingkat lalu lintas pengunjung yang tinggi sehingga diharapkan penjulannya terus dapat meningkat. Lokasi yang berukuran 200m2 dengan desain pantai memberikan kesan nyaman dan enjoy.
·       Desain yang mengusung tema pantai
Desain kedai Ice Online ini akan mengusung tema pantai yang rileks, lepas, dan informal yang dinikmati sambil ngobrol, chatting/browsing internetan, maupun berdiskusi. Hal ini menunjukkan tujuan utama dari tempat tersebut, yaitu memberikan suasana bebas dan santai untuk mengkonsumsi es cream, dengan produk utama ice cream yang sehat. Desain interior dan prabotan akan sedemikian rupa menyerupai suasana pantai, misalnya pewarnaan atap dengan warna biru muda disertai aksesoris, bentuk meja bertenda dengan kursi yang uni. Sejalan dengan kebutuhan masyarakat yang memilikimobilitas yang tinggi maka disediakan pula fasilitas wifi dan akses internet (freehospot).
·       Metode pemasaran yang menggiurkan
Metode pemasaran Ice Online akan dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya :
ü  Periklanan : Dengan cara menyebar informasi online melalui situs jejarisng sosial misalnya facebook dan tweeter.
ü  Promosi Penjualan : Dengan cara menawarkan berbagai konsep pemasaran yang kreatif, seperti pemberian diskon pada hari-hari tertentu.
ü  Hubungan Masyarakat dan Publisitas : interaksi langsung dengan satu calon pembeli atau lebih untuk melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, dan menerima pesanan.
Hasil yang dapat dirasakan dengan adanya Ice Online yaitu :
·       Berguna untuk masyarakat
Produk olahan pollard disajikan dalam bentuk ice cream dapat dikenal dan dikonsumsi oleh masyarakat dan memiliki beberapa keunggulan dari segi kualitas produk, harga, manfaat, dan kepraktisannya.
·       Merangsang penambahan lapangan kerja
Dengan adanya produk baru berupa ice cream pollard maka dibutuhkan orang yang bekerja dalam proses pengolahannya sehingga membuka peluang penambahan lapangan kerja
·       Meningkatkan Pendapatan Masyarakat
Proses produksi yang tidak terlalu rumit dan menggunakan teknologi yang sederhana dalam pembuatannya merupakan suatu keunggulan tersendiri dari produk ice cream, sehingga follow-up dari bisnis yang akan kontinu karena bahan baku yang selalu tersedia, dapat berupa sosialisasi dan pendampingan pada unit usaha/ masyarakat guna meningkatkan penghasilan bagi unit usaha/ masyarakat.
b.     Produk yang ditawarkan
Kedai Ice Online menawarkan menu utama ialah ice cream berbahan dasar pollard, tetapi Ice Online juga menawarkan berbagai menu lainnya :
·       Menu Ice Cream :
Es krim pollard ubi jalar ungu ini memiliki beberapa rasa yaitu rasa original, rasa ubi jalar ungu, rasa jambu, dan rasa jahe. Semua rasa ini dipilih karena pembarun produk es krim dengan inovasi asayang berbeda, namun ke depannya es krim pollard akan menambah variasi rasa yang berbasis inovasi dan herbal serta organik. Pengembangan variasi rasa dilakukan agar konsumen tidak merasa bosan dengan produk crepes ubi jalar ungu.
·       Menu Lainnya :
ü  Air mineral
ü  Jus Buah Segar
ü  Coklat dan kue sebagai cemilan
c.      Harga
Harga yang ditawarkan sangat menggiurkan dan dapat dijangkau oleh semua kalangan. Berikut adalah daftar harga darisetiap menu :
ü  Air mineral 240 ml              Rp  1500
ü  Ice pollar                              Rp  3000
ü  Jus buah segar                                  Rp  3000
ü  Coklat                                               Rp  2000
ü  Kue                                       Rp  2500
d.     Persediaan barang dan Pemasaran
Produk yang ditawarkan adalah produk inovasi berbasis ubi jalar ungu dengan produk utama adalah es krim pollard dengan merek “ICE ONLINE”. Produk ini akan menarik konsumen yang telah jenuh dengan es krim yang ada di pasaran saat ini. Oleh karena es krim pollard ini merupakan produk baru, maka akan menarik minat konsumen untuk mencoba. Dengan jenis penganan yang baru dan rasa yang lezat, konsumen sekali mencoba akan langsung menyukainya.
Untuk langkah- langkah pengembangan usaha ke depan sebagai berikut :
Strategi pemasaran
Produk es krim pollard ini merupakan produk yang masih baru sehingga prioritas utama adalah produk dikenal dan diterima masyarakat. Setelah produk diterima oleh konsumen maka produk segera masuk kedalam fase selanjutnya dimana keuntungan akan ditingkatkan. Sehingga keberlanjutan usaha akan terjamin serta konsumen tidak akan lari, karena konsumen akan lari apabila produsen mengincar profit yang besar diawal. Keberlanjutan fase introduction akan dilanjutkan dengan memperbesar skala produksi, serta memperluas daerah pemasaran dengan penguatan citra / brand image pada konsumen.
Strategi pemasaran yang akan dilakukan adalah strategi membuka dan mengembangkan pasar. Produk akan diproduksi dan dijual dalam tempat yang sama yaitu dalam sebuah refigerator yang di titipkan di kantin Fakultas Peternkan UGM Penggunaan refigerator dalm suatu kantin di harapkan mampu menekan biaya pemasaran dan bila ini dapat bejalan lancar dan sukses akan di buka pula stand atau rumah es krim dari produk kami ini.
Strategi pemasaran yang lain adalah memasarkan produk secara langsung dengan produk-produk pesaing, penjualan dilakukan di dekat tempat-tempat yang telah menjual produk es krim yang telah beredar di pasaran. Positioning produk dilakukan dengan menonjolkan produk yang merupakan new product. Equitas merek dibangun untuk menonjolkan produk sebagai hasil karya para mahasiswa sehingga calon konsumen akan lebih memberi apresiasi yang tinggi
e.      Layanan pelanggan
Pentingnya pelayanan prima terhadap pelanggan juga merupakan strategi dalam rangka memenangkan persaingan. Akan tetapi tidak cukup hanya memberikan rasa puas dan perhatian terhadap pelanggan saja, lebih dari itu adalah bagaimana cara merespon keinginan pelanggan, sehingga dapat menimbulkan kesan positif dari pelanggan. Jadi pegawai memegang peranan penting dalam hal ini. Oleh karena itu, ditetapkan pegawai yang direkrut ialah yang memiliki sifat meliputi berikut ini : berpenampilan menarik, sopan, cekatan, sabar, ramah, memiliki motivasi tinggi serta memiliki komitmen terhadap konsumen.          
f.      Desain gerai
Desain kedai Ice Online ini akan mengusung tema pantai yang rileks, lepas, dan informal yang dinikmati sambil ngobrol, chatting/browsing internetan, maupun berdiskusi. Hal ini menunjukkan tujuan utama dari tempat tersebut, yaitu memberikan suasana bebas dan santai untuk mengkonsumsi es cream, dengan produk utama ice cream yang sehat. Desain interior dan prabotan akan sedemikian rupa menyerupai suasana pantai, misalnya pewarnaan atap dengan warna biru muda disertai aksesoris, bentuk meja bertenda dengan kursi yang uni. Sejalan dengan kebutuhan masyarakat yang memilikimobilitas yang tinggi maka disediakan pula fasilitas wifi dan akses internet (freehospot).
g.     Lokasi Pilihan dan Wilayah
Pilihan lokasi Ice Online adalah dengan kriteria lalu lintas pengunjung yang tinggi, mudah dijangkau, tempat nyaman dan bersih, walaupun belum terlalu luas. Ice Online berlokasi di salah satu tempat di Surakarta yaitu di daerah Jagalan dengan tingkat lalu lintas pengunjung yang tinggi sehingga diharapkan penjulannya terus dapat meningkat. Lokasi yang berukuran 200m2 dengan desain pantai memberikan kesan nyaman dan enjoy.
h.     Pasokan barang Dagangan
·       Bahan baku untuk pembbuatan ice cream
·       Kudapan penunjang
i.       Operasi Gerai dan Manajemen
·       Gerai Ice Cream akan dioperasikan oleh satu orang manager toko yang akan bekerja full dan dua orang pegawai pendungkung
·       Jam operasi gerai adalah pkl. 09.00-20.00, setiap hari.

3.       STRATEGI PASAR
Siapa sih yang tidak menyukai es krim (ice cream)? Hidangan beku dengan aneka tampilan ini, selain memiliki rasa yang lezat ternyata juga mengandung unsur gizi yang cukup lumayan tinggi. Sumbangan nilai gizi terbesar pada es krim berasal dari bahan baku dasarnya, yaitu susu. Itu sebabnya es krim memiliki nilai gizi tinggi dibandingkan dengan jenis minuman lainnya. Pantas saja, tak hanya ibu hamil, anak-anak balita pun juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsinya.
Jadi dapat disimpulkan bahwa ice cream dapat dinikmati oleh semua kalangan yang meliputi ibu hamil, anak kecil, remaja, dewasa, bahkan orang tua.
Berdasarkan studi Love dan majalah SWA (tahun 2005) Segmentasi pasar Indonesia dapat dibagi menjadi 8 segmen. Dari ke-8 segmen tersebut sasaran pasar bisnis Ice Online ini mengarah pada semua segmen, tapi prosentase terbesar pada segmen Bintang panggur/ the spontanaeous Fun Love yang memiliki ciri-ciri wanita dari daerah perkotaan dengan status sosial-ekonomi tinggi, senang menjadi pusat perhatian, suka bergaul, suka pamer, dan menyenangi aktivitas diluar rumah seperti pesta dan kumpul-kumpul. Mereka menyukai hal-hal baru yang menjadi tren. Bagi mereka, materi adalah alat untuk memenuhi tuntutan gaya hidup, sanjungan dan pujaan adalah bukti pengakuan diri.

4.       RENCANA OPERASI DAN MANAJEMEN
·       Persiapan
Persiapan pelaksanaan program Ice cream pollard meliputi observasi lapangan dan orientasi laboratorium. Observasi langsung di lapangan untuk mengetahui tempat-tempat, produksi dan mengetahui kelayakan pollard di Indonesia khususnya di Surakarta. Orientasi laboratorium bertujuan untuk mempersiapkan dan menganalisis program dalam proses pembuatan Ice cream pollard..
Bahan dasar yang digunakan untuk pembuatan ice cream pollard ini adalah polard (bekatul gandum). Tahapan proses harus dilalui, antara lain: memilih bahan berupa bekatul gandum siap pakai lalu memasaknya melalui prosedur yang baku dan kemudian packing. Keseluruhan proses dilakukan dalam kondisi aseptik.
·       Produksi
Produk inovasi yang direncanakan yaitu Ice cream pollard. Berikut, gambar produk yang telah kami rencanakan berupa Ice cream pollard, namun foto ini masih berupa Ice cream biasa yang di jual di pasaran.


Gambar 1. Ice cream pollard
http://img219.imageshack.us/img219/2840/iccreamyummy.jpg
·       Pembuatan Ice cream pollard
Susu segar + agar-agar putih +susu skim + whiped krim
Jika ingin ada rasa ditambahkan perasa makanan / sari buah
Panaskan suhu 40 - 45 derajat Celcius
Masukan gula + kuning telur
Pasteurisasi pada suhu 72 derajat Celsius selama 15 detik
Adonan dinginkan pada refrigerator brsuhu 5 derajat Celcius selam 24 jam
Masukan dalm ice cream maker (mixer)
Pembekuan dalam frezzer selam 24 jam
·       Hasil yang akan diperoleh
a.      Analisis Karbohidrat : Identifikasi Sakarida dan presentase energi yang dihasilkan es krim pollard ini.
b.     Analisis Protein : Identifikasi Asam amino dan persentase asam amino yang ada pada es krim ini.
c.      Organoleptik : kesukaan terhadap rasa, warna, tekstur, dan kenampakan Ice crea pollard.
d.     Uji Kelumeran Es Krim dalam mulut : Tingkat kelumeran es krim
·       Penjelasan Proses
a.      Pemilihan bahan baku
Bahan baku berupa pollard siap pakai dibeli dari produsen gandum di Yogyakarta. Pemilihan pollard siap pakai bertujuan untuk mengurangi biaya produksi. Selain itu, penggunaan pollad siap pakai diharapkan dapat memancing minat masyarakat untuk memproduksi dan memanfatkan pollard sebagai sala satu inovasi komoditi pangan dunia.
b.     Pembuatan adonan
Adonan dibuat berdasarkan resep yang terdapat dalam buku Diktat Praktikum Susu dan Telur bagian Teknologi Hasil Ternak Universitas Gadjah Mada dengan beberapa pengembangan.
c.      Pemasakan
Pemasakan dilakukan dengan api kecil di atas kompor gas dan kemudian di mixer dan di frezzer.
d.     Pengemasan


Setelah poses pembuatan selesai, es krim dimasukkan ke dalam kertas minyak lalu dilabeli dengan stiker, kemudian dimasukkan ke dalam plastik pembungkus.
·       Keberlanjutan
Produk yang ditawarkan adalah crepes ubi jalar ungu dengan brand merek “ICEONLINE”. Merupakan pengembangan produk baru (new development product) yang belum pernah ada di pasaran. Ice Cream Pollard memiliki beberapa diferensiasi, yaitu pembedaan dari sisi fungsi produk yang lebih bergizi, bentuk kemasan produk yang praktis dan bersih, ukuran produk yang proporsional, dan flavour ice cream yang lezat.
Keberlanjutan dari program ini adalah dapat diterapkanya teknologi pembuatan Ice Cream Pollard oleh masyarakat luas di Surakarta. Selain itu, produk ini dapat dijadikan sebagai produk jajanan memiliki nilai gizi tinggi dan digemari oleh masyarakat luas.
Spesifikasi produk adalah sebagai berikut :
a.      Produk Ice Cream Pollard
b.     Menggunakan produk local
c.      Merek produk “ICEONLINE
d.     Jajanan sehat siap makan
e.      Warna produk putih

5.     JADWAL KEGIATAN PROGRAM
a.      Tahap Persiapan
·       Persiapan peralatan
·       Pengadaan bahan baku serta bahan penunjang untuk pembuatan es krim
b.     Tahap Pelaksanaan
·       Pembuatan es krim pollard
·       Analisis kelayakan bisnis
·       Sosialisasi kepada masyarakat
c.      Tahap Penyelesaian
·       Evaluasi program
·       Presentasi monitoring
·       Pembuatan laporan

6.           ANALISIS FINANSIAL ( KELAYAKAN USAHA)
·       Perhitungan Investasi Awal Tetap
Tabel 1
Investasi awal tetap
(Dengan asumsi dapat digunakan selama 3 tahun
Item
Unit
Harga/Unit(Rp)
Total (Rp)
Pemasangan wifi
3(Th)
1.000.000/th
3.000.000
Tempat adonan(baskom)
2
20.000
40.000
Mixer
1
150.000
150.000
Pisau
2
2500
5.000
Pengaduk adonan
2
3500
7.000
Skop ice cream
2pasang
10.000
20.000
Kompor gas
1
120.000
120.000
Tabung gas
1
150.000
150.000
Timbangan digital
1
150.000
150.000
Refrigerrator
2
1.000.000
2.000.000
TOTAL
5.642.000

Depresiasi (DEP) = Rp 5.642.000,-/ 3 tahun = Rp 1.880.666,7 /tahun
Rp 1.880.666,7 / 12 bulan = Rp 156.722,22 /bulan
Perhitungan :
1 resep = 20 kemasan
1 hari   = 4 resep = 80 kemasan
1 bulan = 80 x 7 hari x 4 minggu = 2240 kemasan

·       Perhitungan Biaya per Bulan
Tabel 2
Biaya per bulan
Jenis biaya
Unit
Harga/ satuan
Biaya tidak tetap (Rp)
Total Biaya (Rp)
Biaya operasional (Bahan Baku)
tepung ubi jalar ungu
960 g
9000/1000 g
8.640
8640
polar
3840 g
7000/1000 g
26.880
26880
telur
192 butir
14000/16 butir
168.000
168000
susu segar
34560 ml
6000/ 1000 ml
207.360
207360
gula
5760 g
11000/1000 g
63.360
63360
Whiped Cream/bubuk
4147,2 g
30000/200 g
622.080
622080
agar-agar
691,2 g
2500/50 g
34.560
34560
perasa buah
1 botol
7.500
7.500
7500
skim milk
3801 g
30000/ 400 g
285.075
285075
jahe bubuk
960 g
1000/ 25 g
38.400
38400
Bahan Penolong
bahan bakar(gas)
2
14000
28.000
28000
Pengemasan
cup
2240
200/cup
448.000
448000
plastik pmbngkus produk
2240
50/buah
112.000
112000
stiker/label merk
2240
50/buah
112.000
112000
lain-lain
gaji pegawai
3 org
100000
300.000
300000
admin &umum/sewa t4
1
200000
200.000
200000
listrik&air
2
40000
80.000
80000
pemasaran
promosi
100000
100.000
100000
TOTAL
2841855

·       Penentuan Harga Jual
Biaya produksi per kemasan = Rp 2.841.855,- : 2240
= Rp 1.268,69
= Rp 1.300,-
Harga jual = Rp 1.300,- + ( 100 % x Rp 1.300,-)
= Rp 1.300,- + Rp 1.300,-
=Rp  2.600,-
Harga jual di bulatkan menjadi Rp 3.000,00

·       Perhitungan Pendapatan
Pendapatan diperoleh dengan hanya melayani pesanan (by order). Produk jadi tidak ada yang disimpan (zero stock), maka persentase produk terjual adalah 100 %.
Tabel 3
direncanakan prod terjual
100% x 2240 kmsn
(by order)
pendptn /bln
2240 kmsn x Rp 3.000,-
total pen
Rp6.720.000


·       Perhitungan rugi laba/ bulan :
Pendapatan =                                                                                Rp 6.720.000,-
Biaya operasional, umum, dan pemasaran =                                Rp 2.841.855,-

Laba kotor                                                                                    Rp  3.878.145,-
Depresiasi/bulan                                                                           Rp     156.723

Laba bersih                                                                                   Rp  3.7721.422,-

7.     BIAYA / RINCIAN ANGGARAN
Dana yang akan dikeluarkan dalam pelaksanaan program ini, diperkirakan sebagai berikut :
·       Rekapitulasi Rencana Anggaran
Tabel 4
Keterangan
Total (Rp)
Bahan
1.880.480
Alat
5.642.000
Transportasi
75.000
analisis usaha
750.000
promosi, pemasaran dan produksi
1.300.000
dokumentasi dan pelaporan
230.000
lain lain
122.520
TOTAL
10.000.000

·       Rincian Anggaran
Tabel 5
Rincian Anggaran Bahan Baku

Jenis biaya
Unit
Harga/ satuan
Biaya tidak tetap (Rp)
Total Biaya (Rp)
Biaya operasional (Bahan Baku)
tepung ubi jalar ungu
960 g
9000/1000 g
8.640
8640
polar
3840 g
7000/1000 g
26.880
26880
telur
192 butir
14000/16 butir
168.000
168000
susu segar
34560 ml
6000/ 1000 ml
207.360
207360
gula
5760 g
11000/1000 g
63.360
63360
Whiped Cream/bubuk
4147,2 g
30000/200 g
622.080
622080
agar-agar
691,2 g
2500/50 g
34.560
34560
perasa buah
1 botol
7.500
7.500
7500
skim milk
3801 g
30000/ 400 g
285.075
285075
jahe bubuk
960 g
1000/ 25 g
38.400
38400
Pengemasan
cup
2240
200/cup
448.000
448000
plastik pmbngkus produk
2240
50/buah
112.000
112000
stiker/label merk
2240
50/buah
112.000
112000
TOTAL
2133855

Tabel 6
Rincin alat
Item
Unit
Harga/Unit(Rp)
Total (Rp)
Pemasangan wifi
3(Th)
1.000.000/th
3.000.000
Tempat adonan(baskom)
2
20.000
40.000
Mixer
1
150.000
150.000
Pisau
2
2500
5.000
Pengaduk adonan
2
3500
7.000
Skop ice cream
2pasang
10.000
20.000
Kompor gas
1
120.000
120.000
Tabung gas
1
150.000
150.000
Timbangan digital
1
150.000
150.000
Refrigerrator
2
1.000.000
2.000.000
TOTAL
5.642.000

Tabel 7
Rincian Transportasi
keterangan
harga
jumlah
total
bensin
Rp 5000,-
3 0rgx5bln
Rp75.000
Total
Rp75.000

Tabel 8
Rincian Anggaran Analisis Usaha
keterangan
total (Rp)
uji protein
150000
uji karbohidrat
300000
uji organoleptik
200000
uji kelumeran dlm mulut
100000
TOTAL
750000

Tabel 9
Rincian anggaran promosi/ pemasaran & produksi
keterangan
total (Rp)
spanduk & leaflet
400000
sertifikasi halal
700000
plastik kemasan
200000
total
1300000

Tabel 10
 Rincian anggaran dokumentasi
keterangan
total(Rp)
dokumentasi
100000
alat tulis kerja
50000
flashdisc
80000
Total
230000

Tabel 11
Biaya lain-lain (tak terduga)
keterangan
Total
biaya tak terduga
122520
total
122520

Tidak ada komentar:

Posting Komentar